Belajar Dan Bermain Di Taman Pintar Jogja

Taman Pintar Jogja adalah tempat rekreasi edukasi yang keren dan seru di Jogja. Tiket masuk Taman Pintar Jogja, lokasi Taman Pintar Jogja
Taman Pintar Jogja
Belajar Dan Bermain Di Taman Pintar Jogja

Belajar Dan Bermain Di Taman Pintar adalah tempat wisata edukasi yang kece dan hebat di Jogja. Harga ticket masuknya terjangkau. Fasilitasnya ada planetarium, wahana bahari, zone pengolahan sampah, science theater, playground, perpustakaan, kampung kerajinan, gedung oval, dan lain-lain.

Salah satunya tujuan awalnya dibangunnya Taman Pintar ini sebagai fasilitas pembelajaran sains untuk pelajar yang memberikan dukungan kurikulum pendidikan. Dengan berkunjung ke Taman ini anak-anak dan generasi muda diharapkan dapat semakin memiliki motivasi untuk menyukai sains. Sejauh ini ada kesan-kesan jika belajar sains itu susah dan menjemukan. Tetapi di Taman ini belajar sains dapat semakin membahagiakan karena memakai perlengkapan peraga dan beragam wahana permainan. Dengan demikian anak-anak dapat semakin memperdalaman sejumlah materi pelajaran yang diterima di sekolah. Taman Pintar ini mulai dibuka untuk umum pada 16 Desember 2008 dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Fasilitas Di Taman Pintar Jogja

Terbagi dalam 5 gedung yang masing-masing memiliki sarana yang berbeda. Ke-5 gedung itu ialah Gedung Memorabilia, Gedung Oval, Gedung Kotak, Gedung Planetarium, dan Gedung Paud.

  • Gedung Memorabilia: Gedung ini memiliki 3 wahana yaitu Sejarah Kasultanan Keraton, Tokoh Pendidikan, dan Kepustakaan Presiden. Di gedung ini anak-anak bisa belajar tentang sejarah 2 keraton yang ada di Jogja yaitu Keraton Ngayogyakarta dan Pura Pakualaman. Selain itu anak-anak juga bisa belajar tentang beberapa tokoh pendidikan seperti Ki Hajar Dewantara dan juga tentang presiden yang pernah menjabat di Indonesia.
  • Gedung Oval: Gedung ini memiliki 10 wahana yaitu Aquarium Air Tawar, Zona Kehidupan Prasejarah, Dome Area, Zona Cuaca Iklim dan Gempa, Terowongan Ilusi, Zona Tata Surya, Zona Teknologi Komunikasi, Generator Van De Graaf, Generator Pedal, dan Zona Nuklir.
  • Gedung Kotak: Gedung ini terdiri dari 16 zona yaitu Zona Microsoft, Zona Standar Nasional Indonesia, Zona Dino Adventure dan Teater 4D, Zona Telekomunikasi, Zona Sumber Daya Air, Hand on Science, Zona Melek Gizi, Zona Sains, Zona Tepi TV, Zona, Olahraga, Zona Sahabat pemberani, Zona Indonesiaku, Zona Galeri Pusaka, dan Perpustakaan.
  • Gedung Planetarium: Gedung ini merupakan salah satu gedung yang paling banyak dikunjungi anak-anak. Di Gedung Planetarium ini anak-anak bisa melihat simulasi suasana langit pada malam hari dengan menggunakan proyektor digital.
  • Gedung PAUD: Gedun ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu Paud Timur dan PAUD Barat. Gedung ini memang dikhususkan untuk anak-anak usia 2-7 tahun yang belajar tentang sains dan teknologi tapi dengan konsep bermain.
Taman Pintar Jogja
Belajar Dan Bermain Di Taman Pintar Jogja

Kampung Kerajinan

Di Kampung Kerajinan, pengunjung bisa coba membuat beragam kerajinan tangan. Dimulai dari gerabah, membatik dengan canting, melukis kaos, dan melukis gerabah. Orangtua bisa ajak anak - anaknya untuk berkreatifitas di sini.

Area Bermain atau Playground

Di tempat playground ada beragam permainan anak - anak. Ada pipa bercerita, permainan putaran, dinding bersenandung, jungkat - jungkit, kantrol, dan terowong pohon. Ada pula air menari, koridor air, pembangkit listrik, gong perdamaian, sampai sepeda spektrum warna.

Science Theater

Science Theater sebagai gedung audiovisual dengan kemampuan 50-60 orang. Umumnya, gedung ini dipakai untuk pemutaran film sains dan pementasan demonstrasi sains.

Perpustakaan Taman Pintar

Di perpustakaan, pengunjung bisa membaca beragam buku yang tersedi. Ada pula computer yang bisa dipakai untuk mengakses ensiklopedi berupa film animasi. Tidak itu saja, tiap satu minggu sekali diselenggarakan atraksi pentas boneka yang bisa dilihat pengunjung.

Planetarium Taman Pintar

planetarium yang memperlihatkan benda langit dengan projector digital. Dalam tiap atraksi, memperlihatkan simulasi situasi langit Kota Jogja saat malam hari. Tentu saja, ditambahkan dengan beragam jenis benda-benda angkasa.

Gedung Kotak

Di dalam Gedung Kotak, terdapat berbagai zona teknologi dan wahana permainan yang seru. Tidak hanya itu, ada juga zona pendidikan lain seperti Zona KPU hingga Zona Nuklir.

Gedung Oval

Gedung Oval diutamakan untuk peraga sains mengenai geografi dan astronomi. Di gedung ini pengunjung akan disuguhkan pengalaman belajar mengenai perbintangan lengkap dengan beragam alat peraga.

Kegiatan Kreativitas

Taman Pintar Jogja
Belajar Dan Bermain Di Taman Pintar Jogja

Disamping fasilitas yang cukup komplit, di Taman Pintar anak-anak bisa juga mengikuti beberapa program kreativitas seperti membatik, membuat karya gerabah, melukis kaos, melukis gerabah, latihan jadi pembawa acara TV, dan training robotik. Aktivitas itu sudah pasti bisa mempertajam otak anak untuk dapat jadi lebih inovatif.

Harga Tiket Taman Pintar

Harga Tiket Taman Pintar Jogja
Jenis TiketAnak – anakDewasa
Tiket Masuk Oval – Kotak (Zona Peraga Sains dan Teknologi) – Semua umurRp12.000Rp20.000
Tiket Masuk Planetarium (Pertunjukan Visual Astronomi) – Semua umurRp22.000
Tiket Masuk PAUD Barat / Timur (Usia 3- 7 tahun)Rp3.000
Wahana Bahari (Kapal Boat Mini) Beban maksimal 100 kgRp6.000Rp6.000
Tiket Masuk Lalu Lintas (3 – 7 Tahun)Rp12.000
Program Kreatifitas
Kreasi Batik (Umur minimal 8 tahun)Rp18.000
Kreasi Gerabah (Area Playground Kampung Kerajinan)Rp13.000
Lukis Kaos(Area Playground Kampung Kerajinan)Rp45.000
Lukis Gerabah (Area Playground Kampung Kerajinan)Rp15.000
Tiket Masuk Teater 4DRp15.000Rp20.000
Tiket Masuk Dino AdventureRp20.000Rp25.000
Tiket Masuk Hand on ScienceRp10.000Rp10.000
Tiket Masuk Presenter TVRp15.000Rp15.000

 Syarat berkunjung ke Taman Pintar Jogja: 

  • Sudah vaksin minimal dosis pertama.
  • Mematuhi protokol kesehatan.
  • Memiliki aplikasi PeduliLindungi.
  • Scan Barcode pada gerbang masuk dan keluar.
  • Anak usia 12 tahun ke bawah dapat berkunjung jika orang tua atau pendamping sudah vaksin.
Taman Pintar Jogja
Belajar Dan Bermain Di Taman Pintar Jogja

Jam Buka Taman Pintar

Jam Operasional
Senin-Minggu08.30 – 16.00

Lokasi Taman Pintar

Taman Pintar Yogyakarta berlokasi di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Yogyakarta. Lokasinya sangat mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun umum. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi nomor telepon 0274-583-631, WhatsApp di 0857-2973-9999. 

Itu saja informasi yang dapat kami berikan. Jika teman-teman memiliki pengalaman lain, dapat sharing kepada kami. Semoga bermanfaat. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya ya, agar yang lain juga tahu lokawisata Jogja terhits dan instagramable yang harus dikunjungi. 

Follow Berita RESTINDO di Google News

Post a Comment

© RESTINDO. All rights reserved. Developed by Jago Desain