Wisata Hutan Pinus Mangunan Jogja

Hutan Pinus Mangunan merupakan hutan lindung ini juga menjadi kawasan ekowisata. Lokasi ini cocok sekali untuk menghilangkan penat dari kesibukan kota
Hutan Pinus Mangunan
Wisata Hutan Pinus Mangunan Jogja

Wisata Hutan Pinus Mangunan Jogja, kurang lengkap saat berwisata ke jogja tanpa mampir kesalah satu spot wisata ini. Hutan Pinus Mangunan merupakan  hutan lindung ini menjadi wilayah ekowisata. Lokasi ini pas sekali untuk menghilangkan penat dan jauh dari kebisingan kota.

Pohon pinus menjulang tinggi dengan sarana yang menyatu dengan alam. Teman-teman seolah-olah terbawa dalam situasi film twilight di Hollywood. Perihal ini pula yang menjadikan Hutan Pinus Mangunan digemari banyak remaja. Selainnya lokasinya yang Instagramable, membawa kesan romantis yang  didapatkan.

Hutan merupakan bagian dari resort Penglolaan Hutan Mangunan. Disini, teman-teman bisa santai sekaligus menghirup udara segar, berfoto, duduk rileks atau sekadar jalan-jalan sembari menikmati situasi hutan pinus yang unik dengan wewangian dari kayu pohon pinus.

Hutan Pinus Mangunan

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Mangunan Jogja

Teman-teman yang ingin mengunjungi hutan pinus ini tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Sejak dibuka untuk umum tahun 2014, hutan pinus Mangunan Jogja tidak pernah sepi dari pengunjung.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Mangunan Dlingo
Tiket MasukRp5.000

 

Jam Buka Hutan Pinus

Jam Buka
Setiap Hari06.00 – 19.00 WIB

Kegiatan Menarik Hutan Pinus Mangunan Jogja

Hutan Pinus Mangunan sebagai area resort pengelolaan hutan yang ada di Mangunan. Lokasinya dekat dengan situs makam imogiri, yang populer dengan istilah hutan pinus Imogiri. Meskipun secara administratif area ini tidak termasuk dalam daerah Imogiri.

Hutan Pinus Mangunan
Hammock Hutan Pinus Mangunan 

Hutan pinus memiliki luas 500 Ha ini dikelola oleh warga sekitar. Teman-teman akan disambut dengan bentangan pohon pinus dan udara yang sejuk. Area ini terbilang masih steril dari sampah.

Lingkungan yang asri dan bersih benar-benar pas untuk rekreasi dengan keluarga. Bila berkunjung ke area ini janganlah lupa bawa mantel atau payung. Lokasi rekreasi yang ada di ruangan terbuka mewajibkan pengunjung untuk bersiaga di saat hujan turun.

Berikut ini alasan kenapa hutan pinus mangunan ini menjadi tempat wisata favorit dan wajib teman-teman kunjungi.

1. Lokasi Instagramable

2. Menikmati Hutan Pinus dari atas Hammock

3. Taman Bunga

4. Camping Di Tengah Hutan Pinus

Fasilitas Hutan Pinus Mangunan

Untuk kenyamanan wisatawan, pihak pengurus menyiapkan beberapa sarana pendukung. Dimulai dari tempat parkir, warung makan, toilet, ruangan ganti sampai mushala. Kedepannya area Hutan Pinus akan  menambahkan layanan untuk wisatawan. Hingga bisa menarik animo wisatawan dari semua umur.

Lokasi Hutan Pinus Mangunan 

Untuk menuju lokasi area wisata hutan pinus ini akan memerlukan waktu kurang lebih 30 menit dari pusat kota Yogyakarta. Terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Kurang lebih 24 Km dari pusat kota Yogyakarta.

Selainnya hutan pinus, disekitaran lokasi Mangunan ini ada sejumlah tempat rekreasi lain yang wajib teman-teman kunjungi. Berikut ini beberapa objek rekreasi yang terkenal disekitaran area Hutan Pinus Mangunan yang paling rekomended wajib teman-teman singgahi:

Jurang Tambelan

Hutan Pinus Mangunan
Jurang Tambelan Jogja

Jurang tembelan lokasi rekreasi ini tidak jauh dari Kebun Buah Mangunan. Pada tempat ini, teman-teman  Akan disuguhi panorama alam yang cantik dan bisa berfoto diteras yang sudah disiapkan. Jurang Tambelan ada di daerah yang sama dengan Kebun Buah Mangunan yaitu, desa Mangunan, Dlingo, Bantul, Wilayah Istimewa Yogyakarta.

Tebing Watu Mabur

Hutan Pinus Mangunan

Lokasi rekreasi tebing watu mabur ini benar-benar pas bagi teman-teman yang manyukai camping atau kegatan luar ruang. Disamping itu, Tebing Watu Mabur sebagai spot yang bagus untuk menyaksikan Sunset dan Sunrise. agar bisa menikmati keindahannya teman-teman cukup bayar ticket masuk sejumlah 2.000 rupiah per/orang.

Tebing Watu Mabur berada di desa Mangunan, RT.28, Lemahbang, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tidak jauh dari Kebun Buah Mangunan dan Jurang Tambelan. Untuk menuju area ini, teman-teman bisa lewat jalan Imogiri-Dlingo ke arah Goa Gajah dan diteruskan dengan menyusuri jalan setapak hingga sampai di Tebing Watu Mabur. hutan pinus mangunan hutan pinus jogja

Air Terjun Randusari 

Hutan Pinus Mangunan
Air Terjun Randusari Jogja

Air terjun randusari ini mempunyai ketinggian 12-15 mtr. dan memiliki kedalaman di antara 1 hngga 3 mtr.. Belokasi di Jalan Rejosari, Jatimulyo, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Air terjun ini tidak begitu jauh dari area Rekreasi Alam Seribu Batu Songgo Langit. Untuk masuk ke area Air Terjun Randusari, pengunjung akan dikenai biaya 2.000 rupiah per-orang. Tiket masuk wisata Hutan Pinus Jogja Tempat Wisata Hutan Pinus Mangunan Jogja

Jalur yang bisa dicapai untuk menuju Air Terjun Randusari dengan melalui jalan Imogiri-Dlingo setelah sampai jalan Koripan, kemudian lurus saja dan masuk ke jalan Patuk-Dlingo dan berbelok ke kanan telusuri jalan Dogongan. Teman-teman bisa juga bertanya pada masyarakat sekitaran terkait lokasi Air Terjun Randusari.

Kebun Buah Mangunan

Hutan Pinus Mangunan
Kebun Buah Mangunan Jogja

Di Kebun Buah Mangunan ada sebuah teras atau gardu pandang yang mempunyai ketinggian 200 mtr. di atas permukaan laut. Dari teras itu, teman-teman bisa nikmati kecantikan alam dan menyaksikan gumpalan awan yang menyelimuti pegunungan Sewu.

Kebun buha Mangunan berada di desa Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tidak begitu jauh dari Hutan Pinus Mangunan dan menjadi satu diantara tujuan rekreasi favorite untuk wisatawan lokal atau mancanegara. Saat yang sesuai untuk tiba ke lokasi ini ialah sore dan pagi hari, selain menyaksikan gumpalan awan, pengunjung dapat nikmati Sunrise dan Sunset dari ketinggian.  wisata Hutan Pinus Jogja,wisata Hutan Pinus Mangunan jogja

Hutan Pinus Mangunan

Untuk dapat menuju lokasi ini, teman-teman bisa gunakan kendaraan pribadi dan menuju ke arah Imogiri. Setelah tiba di Imogiri teman-teman mengikuti  jalan Imogiri-Dlingo, selanjutnya melalui Bukit Hijau Cempluk. Kurang lebih 1 km dari Bukit Hijau Cempluk teman-teman akan masuk wilayah rekreasi Kebun Buah Mangunan. Teman-teman hanya dikenai biaya Rp. 2.000 untuk nikmati keindahan alam yang ada di Kebun Buah Mangunan. Lumayan murah kan?

Pinus Asri Karangasem

Hutan Pinus Mangunan

Wisata pinus asri tidak sama dengan wisata gardu Pandang di bukit Mojo atau pinus pengger, Gardu pandang di Pinus Asri karangasem ini tidak dibentuk dengan detil dan menarik. konstruksinya lebih kuat karena memakai kayu atau papan dan dibikin mirip deck lantai hingga membuat teman-teman yang berfoto selfie jadi berasa nyaman dan aman tanpa mengurangi keindahan pemandangan alamnya.

Untuk nikmati keindahan hutan pinus Asri, teman-teman cukup mengeluarkan biaya Rp 2 ribu untuk biaya masuk murah kan. Lokasinya ada di Karangasem, Muntuk, Dlingo, Bantul, Yogyakarta

Seribu Batu Songgo Langit

Hutan Pinus Mangunan

Area wisata seribu batu songgo langit yang ini benar-benar pas untuk teman-teman yang hendak pergi liburan dengan keluarga. Di tempat Songgo Langit ada beberapa sarana yang bisa mengedukasi. Disamping itu ada rumah Hobbit yang lucu dan benar-benar dicintai oleh anak-anak. Dengan membayar 2.000 rupiah per-orang teman-teman bisa nikmati semua sarana yang ada di Seribu Batu Songgo Langit.

Rute paling cepat yang bisa diambil ke arah area wisata Seribu Batu Songgo Langit yakni dengan menuju Imogiri selanjutnya menyusuri jalan Imogiri-Dlingo sampai bertemu dengan gapura area wisata Seribu Batu Songgo Langit.

Hutan Pinus Mangunan

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan. Jika teman-teman memiliki pengalaman lain, dapat sharing kepada kami. Semoga bermanfaat. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya ya, agar yang lain juga tahu lokawisata Jogja terhits dan instagramable yang harus dikunjungi. 

Follow Berita RESTINDO di Google News

Post a Comment

© RESTINDO. All rights reserved. Developed by Jago Desain