Fakta Menarik dari Pantai Wediombo

Pantai Wediombo menjadi bagian dari pantai pesisir selatan Jawa yang memiliki karakteristik dari sisi gelombang ombaknya yang besar.
Pantai Wediombo
 Pantai Wediombo

Pantai Wediombo merupakan bagian dari pantai pesisir selatan Jawa yang mempunyai karakter dari segi gelombang ombaknya yang besar.

Tetapi, daya tarik alam yang dipunyai selalu mengundang decak takjub beberapa wisatawan yang tiba. Masalahnya pantai bernama ‘Wediombo' yang memiliki arti ‘pasir yang luas' ini menyajikan panorama lepas pantai yang jernih dan bukit karang yang hijau sepanjang mata melihat. Kenyataannya, bibir pantai ini lebih luas dibanding pantai lain disekelilingnya.

Pantai ini tersusun dari pasir vulkanik dan organik, dan ada juga batu-batuan vulkanik, riolit, adesit, dan gamping yang merupakan fasies gunung berapi. Sebagai tempat rekreasi alam yang cukup populer, ada beragam bukti menarik berkenaan Pantai Wediombo yang penting diketahu, diantaranya:

Pantai Wediombo
Pantai Wediombo

  • Surfing atau Selancar

    Pantai Wediombo mempunyai ombak tinggi dan konstan, hingga dapat dipakai untuk berselancar.

    Teman-teman yang ingin berselancar di pantai ini dapat sewa perlengkapan surfing disekitaran Wediombo

  • Snorkeling

    Disamping mencoba surfing, kegiatan hebat yang lain yang dapat dijajal oleh teman-teman ialah snorkeling. Sebagai tempat pelestarian perairan, rangkaian terumbu karang di bawah lautnya terjaga dan banyak ikan-ikan yang dapat disaksikan saat snorkeling.

  • Bekas Kawah Gunung Api

    Pantai yang disebut teluk ini mempunyai wujud seperti 1/2 lingkaran dan sisi barat teluk ada kubah lava dari gunung berapi.

    Diprediksi jika Pantai Wediombo sebagai sisa kawan gunung berapi di periode lalu yang tenggelam ke bawah permukaan laut.

Pantai Wediombo
  • Tempat Penyu Bertelur

    Tempat pelestarian perairan ini simpan keberagaman hayati yang bermacam dari beberapa jenis ikannya. Ada beragam mollusca, colenterata, crustacean, dan beragam tipe ikan hias, udang barong, teripang, kerang, bulu-bulu babi dan rumput laut yang tinggal di perairan Pantai Wediombo.

    Ada tempat penyu untuk bertelur di teritori Pantai Wediombo yang diproteksi untuk melestarikannya.

  • Memancing

    Kekayaan alam yang dipunyai khususnya untuk jenis ikan yang bermacam membuat Pantai Wediombo populer sebagai spot memancing. Memancing pada tempat ini bila mujur dapat bawa lumayan banyak hasil tangkapan ikan.
    Tetapi harus diingat, untuk teman-teman yang punya niat memancing harus mematuhi ketentuan yang berlaku dengan tidak menghancurkan terumbu karang dan kekayaan alam yang dilindungi.

Pantai Wediombo
  • Camping

    Karena mempunyai pemandangan yang menakjubkan ditambahkan teman-teman yang hadir dapat menyaksikan sunrise dan sunset membuat beberapa orang yang senang lama-lama.

    Bisa dibuktikan dengan adanya banyak pengunjung yang tiba untuk camping dan nikmati pemandangan pantai dalam waktu yang lama.

Pantai Wediombo
Pantai Wediombo

Tiket Masuk Pantai Wediombo

Harga tiket masuk di pantai Wediombo ini sangat dapat dijangkau dan dijamin tidak menguras kantong.

Selainnya harga tiket masuk, teman-teman akan dikenai biaya lainnya bila memakai sarana yang ada di area rekreasi Wediombo.

Berikut rincian terkait biaya masuk dan biaya yang lain harus dibayar oleh teman-teman:


Harga Tiket Masuk Pantai Wediombo

Tiket Masuk 

Rp    5.000

Biaya parkir roda dua (Tanpa menginap)

Rp    5.000

Biaya parkir roda dua (Menginap)

Rp   15.000

Biaya parkir mobil (Tanpa Menginap)

Rp   10.000

Biaya parkir mobil (Menginap)

Rp   35.000

Camping

Rp   35.000

Sewa surf board dan pemandu

Rp 100.000

Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu 

Pantai Wediombo
Pantai Wediombo

Jam Buka Pantai Wediombo

Karena merupakan objek wisata alam, Pantai ini terbuka untuk 24 jam. Tempat ini juga tidak terbatas untuk kalangan tertentu dan bisa dikunjungi kalangan umum. 

Jam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Keindahan Pantai Wediombo

Pantai Wedi Ombo ialah pantai di ujung selatan Kecamatan Girisubo. Dapat disebutkan pantai ini ialah ‘tetangga' dari Pantai Jungwok. Ke-2 nya ada di area teluk yang sama.

Pantai Wediombo
Pantai Wediombo

Nama Pantai Wedi Ombo mempunyai makna ‘pasir yang luas'. Nama ini malah berbanding terbalik dengan kemunculannya. Walau garis pantainya panjang, tetapi tempat berpasirnya benar-benar sempit. Kontur tanahnya juga tidak begitu agak miring.

Daya magnet pantai ini berada di rangkaian karangnya. Sejauh bibir pantai, Wedi Ombo dihias bentangan karang. Batu-batuan ini membuat Wedi Ombo seperti taman karang yang luas. Disamping itu, lautnya yang tenang membuat lokasinya pas untuk santai.

Keunikan Pantai Wedi Ombo

Pantai Wediombo
Pantai Wediombo

Keunikan Pantai Wedi Ombo ialah tempatnya. Umumnya pantai di Gunungkidul menghadap ke arah selatan. Lautnya yang bersumber ke Samudera Hindia termasuk ‘cukup' garang. Angin yang kuat sering membuat gelombang tinggi di beberapa pantai itu.

Pantai Wedi Ombo malah ada di tepian teluk. Pantai ini menghadap ke arah barat dengan garis pantai hampir lurus. Ini membuat angin laut yang menimpa tidak sekencang pantai yang lain. Hingga, lautnya juga cenderung semakin tenang.

Pantai Wediombo

Kontur lahannya memang kurang begitu landai. Ini membuat tempat berpasir di pantai ini jadi sempit. Tetapi, area pantai ini dipagari oleh barisan pohon-pohonan yang rimbun. Keberadaaan pohon-pohonan ini menambahkan situasi teduh yang menentramkan.

Untuk menuju ke pantai, wisatawan harus sedikit jalan kaki dari tempat parkir. Jalannya berbentuk tangga turun dalam jarak sektar 50 mtr.. Tenang saja, tangganya dibeton dan ditambahkan pagar pengaman. Dengan demikian, pengunjung dapat nikmati waktu trackkingnya dengan rileks.

Laguna Pantai Wediombo 

Pantai Wediombo
Pantai Wediombo

Satu hal yang membuat Wedi Ombo naik kepopulerannya ialah rangkaian karangnya. Teman-teman yang tiba kesini umumnya memang membidik batu karang Wedi Ombo. Bukan lantaran memiliki bentuk yang unik atau formasi yang elok.

Laut tenang di pantai ini datangkan kelebihan untuk bentangan karangnya. Air laut yang terbawa arus akan mengisi celah-celah batu-batuan ini. Sering mereka menggenang dan membuat seperti laguna.

Laguna ini selanjutnya jadi tempat bermain air yang membahagiakan. Untuk teman-teman, laguna ini menjadi kolam alami yang unik dan menarik. Teman-teman bisa berenang dan bermain air tak perlu takut terbawa arus. Disamping itu, panorama alam sekelilingnya bisa saja obat therapy tertentu

Lokasi Pantai Wediombo

Objek wisata pantai ini terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Wisatawan bisa menuju pantai ini dengan mengikuti rute ke Pantai Jungwok. Dari Yogyakarta, rute yang bisa dipilih adalah melalui Wonosari – Semanu – Jepitu.

Demikianlah Fakta Menarik dari Pantai Wediombo kami berikan. Jika teman-teman memiliki pengalaman lain, dapat sharing kepada kami. Semoga bermanfaat. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya ya, agar yang lain juga tahu lokawisata Jogja terhits dan instagramable yang harus dikunjungi. 

Follow Berita RESTINDO di Google News

Post a Comment

© RESTINDO. All rights reserved. Developed by Jago Desain