Candi Prambanan Tiket Masuk Dan Aturan

Candi Prambanan sebagai candi Hindu yang paling besar di Indonesia. Tiket masuk candi prambanan,lokasi candi prambanan
Candi Prambanan
Candi Prambanan Tiket Masuk Dan Aturan

Sejarah

Candi Prambanan sebagai candi Hindu yang paling besar di Indonesia. Sampai sekarang ini tidak bisa dipastikan kapan candi ini dibuat dan atas perintah siapa, tetapi dugaan kuat jika Candi Prambanan dibuat sekitaran pertengahan abad kesembilan oleh raja dari Wangsa Sanjaya, yakni Raja Balitung Maha Sambu. Dugaan itu didasari pada isi Prasasti Syiwagrha yang diketemukan di sekitar Prambanan dan sekarang ini disimpan di Museum Nasional di Jakarta. Prasasti berangka tahun 778 Saka (856 M) ini dicatat pada periode pemerintah Rakai Pikatan.

Denah asli Candi Prambanan berwujud segi panjang, terdiri dari halaman luar dan tiga halaman, yakni Jaba (halaman luar), Tengahan (halaman tengah) dan Njeron (halaman dalam). Halaman luar sebagai area terbuka yang melingkari halaman luar. Halaman luar berupa bujur dengan luas 390 m2. Halaman ini dulu dikelilingi oleh pagar batu yang sekarang telah tersisa puing-puing. Halaman luar sekarang ini cuma sebagai pekarangan kosong. Belumlah diketahui apa sebelumnya ada bangunan atau hiasan lain di halaman ini.

Di tengah-tengah halaman luar candi prambanan, ada halaman ke-2 , yakni halaman tengah yang berwujud segi panjang selebar 222 m2. Halaman tengah dulu dikelilingi pagar batu yang sekarang ini juga roboh. Halaman ini terdiri dari empat teras berundak, semakin ke dalam semakin tinggi. Di teras pertama, yakni teras yang terbawah, ada 68 candi kecil yang berderet berkeliling, terdiri dari empat baris oleh jalan perantara antarpintu halaman. Di teras ke-2 ada 60 candi, di teras ke-3 ada 52 candi, dan di teras ke-4, atau teras paling atas, ada 44 candi. Semua candi di halaman tengah ini memiliki wujud dan ukuran yang serupa, yakni luas denah dasar 6 m2 dan tinggi 14 m. Sebagian besar candi di halaman tengah itu sekarang ini pada kondisi hancur. Yang masih ada cuma reruntuhannya saja.

Candi Prambanan
Candi Prambanan Tiket Masuk Dan Aturan

Halaman dalam candi prambanan, sebagai halaman yang tertinggi terletak dan yang dipandang sebagai lokasi yang paling suci. Halaman ini berdenah persegi empat seluas 110 m2, dengan tinggi sekitaran 1,5 m dari permukaan teras paling atas halaman tengah. Halaman ini dikelilingi oleh turap dan pagar batu. Di ke-4 sisinya ada gerbang berwujud gapura paduraksa. Sekarang ini hanya gapura disebelah selatan yang utuh. Di muka masing-masing gerbang pekarangan paling atas ada sepasang candi kecil, berdenah dasar bujur sangkar selebar 1, 5 m2 dengan tinggi 4 m.

Di halaman dalam candi prambanan ada 2 barisan candi yang membujur arah utara selatan. Di barisan barat ada 3 buah candi yang menghadap ke arah timur. Candi yang terletak paling utara ialah Candi Wisnu, di tengah-tengah ialah Candi Syiwa, dan di selatan ialah Candi Brahma. Di barisan timur ada 3 buah candi yang menghadap ke arah barat. Ke-3 candi ini disebutkan candi sarana (sarana = kendaraan), karena masing-masing candi dinamakan sesuai binatang yang disebut tunggangan dewa yang candinya berada di hadapannya.

Candi yang berhadap-hadapan dengan Candi Wisnu ialah Candi Garuda, yang berhadap-hadapan dengan Candi Syiwa ialah Candi Nandi (lembu), dan yang berhadap-hadapan dengan Candi Brahma ialah Candi Angsa. Dengan begitu, ke enam candi ini sama-sama berhadap-hadapan membuat lorong. Candi Wisnu, Brahma, Angsa, Garuda dan Nandi memiliki wujud dan ukuran yang serupa, yakni berdenah dasar bujur sangkar selebar 15 m2 dengan tinggi 25 m. Di ujung utara dan selatan lorong masing-masing ada sebuah candi kecil yang sama-sama berhadap-hadapan, yang disebutkan Candi Jepit.

Candi Prambanan
Candi Prambanan Tiket Masuk Dan Aturan

Lantas siapakah sosok seorang Rakai Pikatan yang disebutkan dalam prasati siwagrha?

Rakai Pikatan ialah raja ke enam Kerajaan Mataram Kuno yang memerintah sekitaran tahun 840- 856 masehi.

Rakai Pikatan yang menikahi seorang putri yang berbeda keyakinan yaitu Pramodhawardhani dia adalah seorang putri tunggal Raja Samaratungga yang sudah ditetapkan sebagai penerus kerajaan.

Fasilitas Candi Prambanan 

Walaupun tempat rekreasi ini ialah situs monumental tetapi pengunjung akan dimanjakan dengan beragam sarana dan kegiatan menarik. Dari Air pancur menari, situs candi Prambanan, sarana photo yang instagramable, sampai pertunjukan pagelaran seni.

Air Mancur Menari

Di pintu masuk utama pengunjung akan terhibur dengan air pancur menari. Lokasi pintu masuk ini kerap berperan untuk melangsungkan cara gathering. Pengunjung sekalian menanti antrian dapat berpose cantik di tempat ini.

Museum Rumah Joglo

Ada tepat pada bagian utara kompleks berdiri museum rumah joglo. Didalamnya pengunjung bisa melihat warisan situs candi berbentuk arca, patung, sampai bebatuan purbakala.

Candi Prambanan
Museum Joglo Candi Prambanan 

Seni Tari Candi Prambanan

Di saat bulan purnama tiap bulannya akan diselenggarakan pentas Sendratari Ramayana. Pementasan khusus ini umumnya berlangsung pada jam 20.00 - 22.00 WIB. Sendratari sebagai kombinasi cerita tanpa dialog dan tari. Pementasan Sendratari ada di panggung terbuka berlatar tiga candi dewa (trimurti).

Candi Prambanan Tiket Masuk Dan Aturan
Pentas Seni Tari Candi Prambanan

Pementasan ini diselenggarakan di dalam 2 kelas, yakni kelas pentas terbuka dan pentas tertutup. Apabila cuaca memungkinkannya akan berjalan di panggung terbuka dengan latar Candi. Pementasan ini diselenggarakan di hari Selasa, Kamis dan Sabtu (tiap bulan purnama setiap bulannya).

Taman Tematik 

Setelah tuntas berkeliling-keliling kompleks candi luangkan waktu untuk besantai di taman. Pengunjung bisa nikmati kemegahan karya tanaman Kerokot yang berupa seperti kura-kura, bunga pot tumpah, dan banyak yang lain. Lokasi taman ini tidak jauh dari restoran Prambanan.

Ayunan Langit De Geyong Candi Prambanan

Candi Prambanan
Wahana Ayunan

Di sini pengunjung bisa mendokumentasikan photo dengan berlatarkan keindahan candi Prambanan. Untuk menaiki ayunan De Geyong pengunjung perlu bayar biaya pribadi yang dapat terjangkau. Sepanjang bermain pengunjung dapat menyewa juru photo untuk mendokumentasikan tiap kejadian.

Lapangan Garuda Mandala Tama

Lapangan ini berada disebelah timur sisi selatan. Tempat terbuka hijau ini seringkali dipakai untuk acara dinner, wedding, pameran, sampai acara outbond. Terletak yang dekat dengan tempat parkir memang memberi keluasaan tertentu. Disamping itu tempat ini pas untuk pengunjung yang tiba dengan rombongan dan mempunyai jadwal aktivitas outdoor.

 

Candi Prambanan
Spot Foto Berlatarkan Candi Prambanan

Tiket Masuk Candi Prambanan Jogja

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan
Beli Tiket Wisatawan Domestik OnlineRp48.500
Beli Sunset Tour Candi PrambananRp218.750
Beli Tiket Sendratari Ramayana PrambananRp150.000
Tiket Masuk Dewasa (10 tahun ke atas)Rp50.000
Tiket Masuk Anak (Usia 3-10 tahun)Rp25.000
Tiket Masuk Dewasa Mancanegara (10 tahun ke atas)Rp375.000
Tiket Masuk Anak Mancanegara (Usia 3-10 tahun)Rp225.000
Tiket Masuk Terusan Prambanan-Borobudur DewasaRp75.000
Tiket Masuk Terusan Prambanan-Borobudur Anak (3-10 Tahun)Rp35.000
Tiket Masuk Terusan Prambanan-Ratu Boko DewasaRp85.000
Tiket Masuk Terusan Prambanan-Ratu Boko Anak (3-10 Tahun)Rp40.000

Candi Prambanan Tiket Masuk Dan Aturan
Candi Prambanan

Jam Buka Candi Prambanan

Jam Buka Candi Prambanan
Loket Tiket06.30 – 17.00 WIB
Kunjungan Pelataran Candi07.00 – 17.30 WIB
Kunjungan Taman Wisata06.30 – 18.00 WIB

Informasi Syarat Dan Aturan Masuk Selama Masa Uji Coba Pembukaan: 

  • Sudah melakukan vaksin minimal dosis pertama.
  • Anak-anak di bawah 12 tahun boleh berkunjung dengan pendamping atau orang tua yang sudah vaksin.
  • Mengunduh aplikasi Peduli Lindungi di ponsel.
  • Wajib mematuhi protokol kesehatan.
  • Selama masa pandemi, maksimal kunjungan di pelataran candi dan belum dapat naik ke atas.

Alamat Candi Prambanan Jogja

Candi Prambanan beralamat di Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571. Untuk arah dan peta dapa menggunakan google Map

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi pengelola kawasan wisata Candi Prambanan melalui telepon 024 8646235 atau melalui official media sosialnya. Itu saja informasi yang dapat kami berikan. Jika teman-teman memiliki pengalaman lain, dapat sharing kepada kami. Semoga bermanfaat. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya ya, agar yang lain juga tahu lokawisata Jogja terhits dan instagramable yang harus dikunjungi. 

Follow Berita RESTINDO di Google News

Post a Comment

© RESTINDO. All rights reserved. Developed by Jago Desain