Melihat Keindahan Pantai Pangandaran

Keindahan Pantai Pangandaran sebagai wisata pantai yang ada di Desa Pananjung. Pantai ini pernah dikukuhkan oleh AsiaRooms sebagai pantai terbaik.
Melihat Keindahan Pantai Pangandaran
Keindahan Pantai Pangandaran

Melihat Keindahan Pantai Pangandaran merupakan wisata pantai yang berada di Desa Pananjung. Pantai ini pernah dinobatkan oleh AsiaRooms sebagai pantai terbaik di provinsi Jawa Barat. Disamping itu pernah diajukan menjadi Unesco Global Geopark untuk menjadikan wisata berkualitas dunia.

Pantainya dengan bentangan pasir putih dan air yang jernih. Jarak di antara pasang dan surut relatif lama hingga memungkinkannya untuk berenang dengan aman. Tujuan wisata ini memungkinkannya wisatawan untuk nikmati sunrise dan sunset matahari dari tempat yang sama.

Event Nasional & Internasional

Melihat Keindahan Pantai Pangandaran
Festival Layang-layang Pantai Pangandaran

Di moment tertentu, beberapa event terjadi di Pantai Pangandaran. Beragam perayaan dan festival-festival tahunan diselenggarakan pemerintahan setempat lewat pengelola atau masyarakat. Hal itu menambahkan daya tarik Pantai Pangandaran dan meningkatkan lebih banyak wisatawan.

Ajang acara tradisional seperti Hajat Laut sebagai upacara melarung sesajen ke lepas pantai. Nelayan Pangandaran melaksanakannya sebagai perwujudan rasa terima kasih mereka pada kemurahan Tuhan YME. Acara ini biasa dilaksanakan tiap tahunnya pada bulan Suro pada penanggalan kalender Jawa.

Dan event pariwisata bertingkat internasional di Pantai Pangandaran yakni Festival Layang-layang Internasional. Pangandaran International Kite Festival ini biasa dilakukan tiap bulan Juni atau Juli. Puluhan ribu wisatawan lokal dan luar negeri padati festival yang diramaikan konser musik dan ronggeng ini.

Kegiatan Di Keindahan Pantai Pangandaran

Melihat Keindahan Pantai Pangandaran

Tempat wisata keindahan Pantai Pangandaran sebagai bintang pantai di Jawa Barat. Kawasannya mempunyai taman laut dengan ikan-ikan dan kehidupan laut yang mempesona. Pantai ini sering jadi sasaran wisatawan dari berbagai wilayah khususnya puncaknya pada perayaan penggantian tahun.

Wisatawan bisa melihat sunrise di Pantai Timur Pangandaran dan sunset di Pantai Barat. Berbagai kegiatan seperti berenang, berperahu pesiar, memancing, sampai menyusuri pantai dilakukan di sini. Beragam acara juga kerap berlangsung seperti upacara Hajat Laut dan festival layang-layang internasional.

Menyusuri Keindahan Pantai Pangandaran

Melihat Keindahan Pantai Pangandaran

Keindahan Pantai Pangandaran wisatawan bisa menikmati horison Samudera Hindia dengan kesan angin lautnya. Pantai ini populer dengan keindahan pasir hitam dan pasir putihnya.

Wisatawan bisa jalan-jalan menyusuri sepanjang pantai rasakan tekstur pasirnya. Dengan berkeliling, wisatawan bisa nikmati keindahan alam Pantai Pangandaran dan sejuknya udara pantai. Dapat mengayuh sepeda sewaan atau naik kuda untuk menyusuri garis pantainya.

Berenang Di Pantai Pasir Putih

Pantai Pangandaran sebagai bagian dari pantai selatan Pulau Jawa yang populer memiliki ombak besar. Tetapi pantainyayang landai dengan kurun waktu di antara pasang-surut air lautnya yang relatif lama. Ini memungkinkan wisatawan untuk berenang di pinggiran dangkal yang berombak tenang.

Wisatawan banyak juga yang bermain di pasir pantai karena situasinya yang sejuk.

Wahana Air di Keindahan Pantai Pangandaran

Melihat Keindahan Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran mempunyai beragam fasilitas yang memberikan dukungan kegiatan watersport untuk wisatawan. Satu diantaranya fasilitas Banana Boat dan Jet Ski yang sekaligus jadi fasilitas berkeliling-keliling perairan pantai.

Wisatawan dapat nikmati keindahan bawah laut dan karang-karang di pasir putih. Dapat melakukan hopping beach, ‘melompat' dari pantai ke pantai sejauh garis pantai.

Keindahan Bawah Laut Pantai Pangandaran

Pemandangan bawah laut yang cantik sebagai salah satunya daya tarik wisata Pantai Pangandaran. Panorama bawah lautnya lengkap dengan terumbu karang dan bermacam macam ikan berwarna-warni.

Untuk melihat alam bawah air itu, wisatawan bisa ke Pantai Pasir Putih. Lokasi ini populer dengan keindahan pasir putihnya. Sebagai opsi ke arah ke situ, wisatawan bisa jalan lewat cagar alam atau memakai perahu.

Keberagaman biota di taman laut bisa dijelajahi dengan ber-snorkeling atau memakai perahu pesiar. Wisatawan dapat nikmati kecantikan pasir putih dan segarnya keasrian hutan cagar alam.

Sunset Dan Sunrise Keindahan Pantai Pangandaran

Melihat Keindahan Pantai Pangandaran

Daya tarik Pantai Pangandaran yang selalu jadi incaran wisatawan yakni momen sunrise dan sunset. Istimewanya, ke-2 momen itu dapat dinikmati dari 1 tempat. Di sini, wisatawan bisa melihat sekalian kagum pada cantiknya sunset dan sunrise di pantai Pangandaran.

Bila wisatawan tiba pagi hari, maka mendapatkan peluang menyaksikan panorama sunrise di timur. Dan di bagian barat pantai pada sore hari akan kelihatan cantiknya matahari tenggelam.

Mengangkat Ikan Hasil Tangkapan Nelayan

Melihat Keindahan Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran populer sebagai dermaga banyak nelayan karena terdapat banyak nelayan yang melaut mencari ikan. Di selatan pantai ada juga tempat pelelangan ikan hasil tangkapan langsung dari nelayan sesudah melaut. Disamping itu wisatawan juga bisa merasakan kesan melaut dan menjala ikan di pantai ini.

Satu diantara aktivitas rutin di pantai ini yakni bersama masyarakat lokal mengangkat ikan ke tepi pantai. Jala Arad/Ered/Tarik ialah alat penangkap ikan yang jalanya diambil dari sisi kanan dan kiri. Masing-masing sisi terbagi dalam 6-10 orang yang menarik jala dari pesisir pantai.

Wisatawan juga bisa ikut dalam kegiatan menolong menarik hasil tangkapan para nelayan Pangandaran ini. Saat satu kapal nelayan akan mendekat ke pantai, beberapa puluh orang tiba berduyun-duyun menarik kapal. Situasi demikian riuh, saling menolong satu sama lain para nelayan yang baru pulang melaut.

Kuliner Di Tepi Keindahan Pantai Pangandaran

Di Pantai Pangandaran, wisatawan bisa coba bermacam jenis olahan hasil laut. Berbagai macam olahan ikan, cumi-cumi, kepiting, udang dan hasil laut yang lain sebagai sajian wajib. Bermacam-macam menu sajian laut ada di restaurant atau di beberapa warung makan dijajakan di area pantai.

Dengan harga murah, Pantai Timur jadi surganya banyak pencinta makanan khas laut atau seafood.

Spot Terpopuler Di Pantai Pangandaran

  •  Pantai Pananjung, berada di sisi barat dengan ombak akrab berlatar hutan perbukitan. Daerah dengan sebuah goa alami dan bunker Jepang ini merupakan santunan satwa kera dan rusa. Dengan menempuh pendakian bukit, dapat terlihat riam cantik dan hamparan keindahan Pantai Pananjung.
  • Pantai Timur, memanjakan wisatawan dengan kelezatan hidangan laut. Mulai dari warung makan hingga restoran menyajikan menu andalan berbahan hasil laut. Dilengkapi dengan pasar ikan, lokasi ini menjadi pilihan wisatawan berbelanja ikan segar untuk oleh-oleh. Wahana air seperti Jet Ski dan Banana Boat juga ditawarkan di sini.
  • Belanja Souvenir, makanan khas pangandaran, yaitu ikan asin Jambal Roti menjadi oleh-oleh incaran wisatawan. Untuk pecinta karya seni, tersedia pernak-pernik berbahan dasar kerang dan lainnya. Selain itu juga ada kaos, topi, celana pendek, dan baju renang.

Fasilitas Keindahan Pantai Pangandaran

Fasilitas pendukung objek wisata Pantai Pangandaran termasuk lengkap. Seperti terdapatnya area parkir yang lumayan luas, penjaga pantai, pemandu wisata dan pusat informasi. Disamping itu ada layanan pos, telekomunikasi dan money changer, cafe, sampai berbagai penginapan.

Sewa sepeda santai atau kendaraan motor beroda 4 bisa dijumpai di sepanjang kawasannya. Delman atau dokar wisata dan perahu wisata digunakan untuk menikmati pemandangan pantai secara nyaman.

Harga Tiket Masuk Pantai Pangandaran

Untuk masuk area wisata pantai teman0teman akan perlu menyiapkan biaya tiket masuk. Harga ticket masuknya sangat terjangkau dan berlaku sama setiap hari. Tidak ada perbedaan tiket di antara anak dan dewasa.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk Pejalan KakiRp10.000
Tiket Masuk Sepeda MotorRp20.000
Tiket Masuk Jeep/SedanRp60.000
Tiket Masuk Mini Bus KecilRp95.000
Tiket Masuk Mini Bus BesarRp135.000
Tiket Masuk Bus KecilRp205.000
Tiket Masuk Bus SedangRp295.000
Tiket Masuk Bus BesarRp515.000

Jam Buka Keindahan Pantai Pangandaran

Pantai ini dibuka untuk umum dari pagi sampai malam hari. Untuk yang tidak mau berenang dapat berkunjung lebih sore untuk nikmati situasi pantai yang semakin tenang.

Jam Buka
Senin – Minggu09.00 – 21.00

Lokasi Keindahan Pantai Pangandaran

Keindahan Pantai Pangandaran terletak di Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran Jawa Barat

Demikianlah informasi Melihat Keindahan Pantai Pangandaran kami berikan. Jika teman-teman memiliki pengalaman lain, dapat sharing kepada kami. Semoga bermanfaat. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya ya, agar yang lain juga tahu Lokawisata Pangandaran tempat wisata terbaik yang harus dikunjungi. 

Follow Berita RESTINDO di Google News

Post a Comment

© RESTINDO. All rights reserved. Developed by Jago Desain