Pesona Tempat Wisata Citumang Terbaru

Pesona Tempat Wisata Citumang adalah sebuah aliran sungai yang membelah hutan dengan debit aliran sedang yang menuju kesebuah goa
Tempat Wisata Citumang

Pesona Tempat Wisata Citumang adalah sebuah aliran sungai yang membelah hutan dengan debit aliran sedang yang menuju kesebuah goa. Menikmati lokawisata Pangandaran tempat wisata terbaik yang begitu mempesona, keindahan alam, sungai begitu asri dengan tumbuhan hutan yang terjaga sehingga sangat indah untuk dapat dinikmati.

Lokawiasta Pangandaran selalu menarik untuk didatangi, daerah sisi selatan dan barat Pulau Jawa ini populer akan tempat wisata yang sangat cantik. Dimulai dari keelokan pantai, Cagar Alam Pangandaran, sampai daya tarik wisata airnya. Di Pangandaran sendiri ada sebuah wisata alam yang menyuguhkan kemegahan aliran sungai yang begitu mengagumkan, tempat wisata Citumang.

Tempat Wisata Citumang Pangandaran ialah sebuah aliran sungai yang memisah hutan dengan debet aliran sedang yang menuju ke arah sebuah goa. Bila diperhatikan lokawisata Pangandaran ini begitu mengagumkan, keindahan alam sekitar sungai sangat asri dengan tumbuhan hutan yang bisa dinikmati keindahannnya. Disamping itu kejernihan air sungai Citumang jadi daya magnet tersendiri untuk banyak wisatawan.

Sejarah Tempat Wisata Citumang

Tempat Wisata Citumang

Disamping populer akan keindahan dan daya tarik tempat wisata Citumang Pangandaran di Jawa Barat, nyatanya dibalik itu semua tersimpan mitos yang sampai sekarang ini masih menempel kental di masyakarat. Dahulunya pada masa kerajaan Indonesia mulai menjajaki keruntuhannya. Ada seorang utusan yang dengan sengaja mencari info akan pemicu runtuhnya beberapa kerajaan yang berada di Indonesia.

Dalam perjalanannya, dia menyusuri banyak sungai. Tetapi dari sungai-sungai yang sudah dilewatinya ada saluran sungai ynag kering hingga membuat harus berhenti sesaat. Aliran sungai yang kering itu membuat beberapa utusan dan kelompoknya tidak meneruskan perjalanan dan pilih menepi di aliran sungai itu.

Uniknya lagi si utusan dan beberapa rombongannya lenyap sampai tidak ada yang mengetahui pemicunya. Setelah diselidiki, di dalam aliran sungai terdapatlah sesosok astral yang menyerupai buaya putih. Diperkirakan utusan dan beberapa rombongan jadi target akan makhluk astral buaya putih sungai Citumang.

Tempat Wisata Citumang

Dibalik narasi mitos tempat wisata Citumang Pangandaran, nama Citumang sendiri diberi bukan tanpa alasan. Sungai yang mengalir deras seusai hilangnya utusan dan beberapa rombongannya, ternyata diujung sungai ada sebuah curug yang berbentuk mirip dengan tungku. Tumang atau yang memiliki arti tungku jadi dasar munculnya nama sungai Citumang Pangandaran ini.

Aktivitas Tempat Wisata Citumang

Berbagai macam aktifitas dapat dilakukan di tempat wisata citumang ini diantaranya:

Body Rafting Citumang Pangandaran

Tempat Wisata Citumang

Citumang ialah nama satu diantara sungai yang mengalir di Pangandaran, Jawa Barat. Sepintas namanya mungkin mengingatkan pada nama anjing piaraan tokoh legenda Sangkuriang, yakni Si Tumang. Tetapi, sebetulnya kata "tumang" dalam Bahasa Sunda di sini mempunyai makna tungku.

Sungai Citumang mempunyai aliran air yang jernih dengan warna biru-kehijauan. Alirannya tenang dan mempunyai beberapa air terjun rendah. Di kanan-kiri, ada hutan yang asri. Untuk pencinta kegiatan menantang, lakukan body rafting di Citumang akan menambahkan pengalaman tidak terlupakan.

Untuk sampai lokasi titik diawalinya aktivitas body rafting, peserta harus lewat akses jalan yang cukup susah. Keadaannya tidak begitu baik dan sempit hingga cukup hanya bila dilalui kendaraan memiliki ukuran kecil. Baiknya peserta lakukan booking untuk menghindari antrian di tempat. Selain itu, harga juga lebih murah.

Tempat Wisata Citumang

Sesaat akan mulai, tiap peserta akan dikasih peralatan keselamatan standard seperti helm dan jaket pelampung. Pemandu selanjutnya akan memberitahukan petunjuk aktivitas dan jalur. Setelah usai, peserta harus pemanasan untuk melenturkan otot-otot.

Body rafting sebagai aktivitas yang membutuhkan pergerakan hampir semua badan, hingga pemanasa harus dilaksanakan. Ini untuk menghindari cidera yang dapat membahayakan. Selesai pemanasan, luangkan diri untuk mencelupkan kaki di kolam ikan nilam yang ada.

Menyusuri Sungan Citumang Pangandaran

Tempat Wisata Citumang

Sesudah semua persiapan usai, peserta akan dibawa ke arah lokasi dimulainya aktivitas body rafting. Peserta harus jalan kaki telusuri pinggiran sungai. Jalurnya akan bawa peserta melalui kebun, beberapa tebing, dan ke arah gua yang dihiasi susunan stalaktit.

Peserta setelah itu masuk sungai satu demi satu. Rasakan kesan air sungai yang dingin, sejuk, dan bersih di Sungai Citumang. Pemandu selanjutnya akan menjaga peserta telusuri aliran sungai ke beberapa spot. Beberapa salah satunya ialah air terjun, bendungan, dan akar menggantung.

Pemandu akan minta kelompok peserta membuat bermacam komposisi. Pada bagian sungai yang tenang dan luas, peserta dapat bergandengan dan membuat lingkaran besar. Peserta akan sama-sama berkait kaki dan membuat "oray-orayan" atau ular-ularan. Aktivitas body rafting memang pas untuk tingkatkan keakraban dan kekompakan.

Melompat air Ketinggian Di sungai Citumang Pangandaran

Tempat Wisata Citumang

Pencinta aktivitas cliff jumping dapat rasakan kesan melompat dari beragam ketinggian di Citumang. Di sejumlah spot, ada tebing dengan ketinggian tertentu. Dimulai dari yang rendah sekitaran 3 mtr. sampai yang melawan adrenalin dari ketinggian 7 mtr. berada di sini.

Selainnya lompat dari tebing, peserta bisa juga berayun dan melompat dari akar menggantung. Beberapa spot dihias oleh akar menggantung dari pohon-pohonan yang kuat untuk dinaiki manusia. Temukan pengalaman jadi tarzan dengan berayun dan melompat ke Sungai Citumang yang menyegarkan!

Hunting Foto di Citumang Pangandaran

Tempat Wisata Citumang

Untuk kamu yang menyukai menjajahi kecantikan alam di Indonesia, maka tidak boleh malas untuk bertandang ke wilayah sungai Citumang Pangandaran Jawa Barat. Kecantikan tempat wisata citumang ini sangat menarik hingga bisa kamu untuk jadikan spot terbaik untuk hunting foto.

Beragam spot terbaik bisa diambil dari sudut mana saja. Pemandangan alam dengan hutan yang natural dan warna hijau disertai dengan aliran sungai yang demikian jernih. Membuat foto yang kamu hasilkan dari tempat wisata Citumang Pangandaran ini akan semakin memukau. Sebagai pemecahannya kamu dapat berkunjung ke tempat wisata Citumang ini untuk mendapatkan angle foto terbaik.

Fasiltas Tempat Wisata Citumang Pangandaran 

Tempat Wisata Citumang

Sebagai salah satu daya tarik tempat wisata Citumang di Pangandaran, Citumang dijadikan area body rafting terbaik Pangandaran. Lokasi dan letak sungai yang bagus dengan debit saluran yang tenang tetapi menantang membuat area ini menyiapkan sarana body rafting yang dapat kamu coba.

  • Area parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Kantin
  • Gazebo
  • Alat keamanan,
  • Jasa pemandu wisata
  • Jasa dokumentasi atau vlog.

Tiket Masuk Body Rafting Citumang Pangandaran

Untuk memasuki tempat wisata Citumang, terdapat tiket untuk hari biasa dan akhir minggu yang dapat diperoleh. Harga tiket dibedakan untuk warga negara Indonesia dan wisatawan luar negeri. Tiket berlaku untuk pengunjung dimulai dari umur dua tahun sampai 70 tahun. Booking body rafting dapat dilakukan langsung pada tempat atau lewat website sah penyuplai paket tempat wisata Citumang.

Harga Tiket Masuk Tempat Wisata Citumang
Paket Citumang Body RaftingRp   85.000
Paket Green Canyon Body RaftingRp 250.000

Jam Buka Tempat Wisata Citumang

Tempat wisata Citumang terbuka untuk umum tiap hari. Di akhir pekan, tempat wisata ini selalu ramai oleh wisatawan khususnya di luar daerah.

Jam Buka Citumang
Setiap hari07.00 – 16.00 WIB

Tips Liburan di Tempat Wisata Citumang

Tempat Wisata Citumang

Buat kamu yang ingin nikmati keindahan dari pesona tempat wisata Citumang di Pangandaran, karena itu beberapa tips ini dapat kamu lakukan. Pertama rencanakan berliburmu dengan membawa serta rombongan supaya makin asyik dan heboh selama ada disitu. Ke-2 , berkunjunglah saat musim kemarau, disamping keindahan panoramanya yang serasi. Akses ke arah lokasi Citumang Jawa Barat juga tidak begitu susah. Karena pada musim hujan umumnya jalanan akan licin dan becek.

Siapkan semua keperluanmu dimulai dari pakaian ganti, makanan, minuman, perlengkapan rafting, camera, sampai keperluan yang lain. Bila ingin berlibur yang lebih panjang, maka kamu dapat cari penginapan di sekitar pantai Pangandaran. Disana banyak tersedia penginapan untuk banyak wisatawan yang bertandang ke wilayah Pangandaran.

Lokasi Tempat Wisata Citumang Pangandaran

Lokasi Sungai Citumang yang berada di komplek objek wisata Citumang, Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Demikianlah informasi pesona tempat wisata Citumang kami berikan. Jika teman-teman memiliki pengalaman lain, dapat sharing kepada kami. Semoga bermanfaat. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya ya, agar yang lain juga tahu Lokawisata Pangandaran tempat wisata terbaik yang harus dikunjungi. 

Follow Berita RESTINDO di Google News

Post a Comment

© RESTINDO. All rights reserved. Developed by Jago Desain