Pantai Pok Tunggal Surga Tersembunyi di Jogja

Pantai Pok Tunggal. Hamparan pasir pantai putih lembut serta laut yang jernih dipastikan menghipnotis wistawan
Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal surga tersembunyi di jogja, Kabupaten Gunungkidul yang populer sebagai ‘gudang'-nya pantai elok misalkan, ada beberapa pantai menarik. Salah satunya yang kerap dikatakan sebagai cikal akan rekreasi pantai di sini yaitu Pantai Pok Tunggal. Bentangan pasir pantai putih halus dan laut yang jernih dijamin menghipnotis siapapun. Sudah pasti, menghipnotis untuk senang lama-lama berlibur di sini!

Pantai Pok Tunggal adalah pantai terkenal di Gunungkidul. Pantai ini berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus. Tempatnya sejajar dan tidak jauh dari Pantai Indrayanti dan Pantai Watulawang yang tidak kalah terkenal.

Nama Pok Tunggal datang dari kehadiran pohon duras di area pantai itu. Pohon tipe ini dikenali benar-benar susah tumbuh di wilayah pesisir. Hanya karena cuma satu, pohon ini selanjutnya jadi seperti maskot untuk pantai ini.

Sebagai keunikan pantai ini ialah memiliki bentuk yang sempit dan memanjang. Selain itu, lokasinya yang dikelilingi bukit kapur dan karang jadikan Pok Tunggal terlihat lebih eksotik. Pantai ini pas sebagai tujuan beragam jenis aktivitas wisata.

Aktifitas di Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal

Perjalanan ke arah Pantai Pok Tunggal tidak dapat disebutkan gampang. Mendekati lokasi pantai, jalan yang beraspal mulus akan ganti jadi jalan kasar berkerikil. Bila tidak berhati-hati, baik mobil atau motor dapat terpeleset di sini.

Tetapi kesukaran itu akan terlewatkan sesudah datang di pantai ini. Dibalik bentang bukit kapur, terbentang pasir putih dan lautan luas. Pasir halus yang bercahaya bersebelahan dengan laut biru yang jernih. Angin laut yang halus bertiup hasilkan ombak yang bergulung-gulung.

Menyaksikan panorama alam ini, hati siapa saja pasti berasa tenteram. Pantai yang terjaga kebersihannya ini mempunyai pasir yang bersih dan laut yang jernih. Wisatawan dapat melepaskan lelah dengan bermain ombak atau berenang di sini. Berhati-hati janganlah sampai terlampau jauh dari garis pantai, ya.

Pantai Pok Tunggal

Panorama yang lain yang hendak dijumpai di Pok Tunggal ialah barisan payung pantai. Beberapa payung lebar warna pelangi berjejer rapi di tengah-tengah hamparan pasir yang halus. Masing-masing berdiri tegak dalam pasir seakan melawan angin laut.

Payung-payung ini sebagai sarana yang dapat disewa oleh wisatawan. Di bawah terik matahari, pasti membahagiakan berlindung di bawah naungan payung-payung ini. Apa lagi bila didampingi air kelapa muda yang beri kesegaran dengan keluarga atau sahabat.

Fotografi Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal

Indahnya panorama di Pantai Pok Tunggal bukan hanya sebatas laut dan pantainya. Pantai ini dibentengi oleh dinding bukit kapur memiliki ukuran masif. Bukit ini seakan pisahkan pantai dengan keramaian di luaran sana.

Wisatawan bisa telusuri bukit dengan naiki tangga yang ada. Untuk pencinta fotografi, pemandangan di atas bukit kemungkinan terlampau sayang untuk dilewati. Pantai Pok Tunggal seakan dirangkul oleh barisan bukit ini supaya keelokannya selalu terlindungi.

Menjelajahi Karang Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal

Banyak bukit karang di Pok Tunggal jadi tempat bermain menarik tersendiri. Disebelah barat, ada goa-goa karang yang tercipta secara alami. Karena terpaan ombak, tercipta cengkungan dengan bentangan karang sebagai lantainya.

Tempat ini dahsyat untuk dieksploitasi atau jadi tempat menyepi. Wisatawan dapat kesini dengan menjajaki pinggiran karang saat laut kering. Cermati langkah kaki dan janganlah sampai terhempas ombak, ya!

Camping Di Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal

Untuk yang ingin menginap di Pok Tunggal, bermacam fasilitas penginapan ada di sini. Penginapan dibuat di area pesisir hingga langsung menyuguhkan pemandangan laut. Disamping penginapan, ada pula homestay untuk opsi lebih irit.

Untuk yang ingin meyatu dengan alam, camping bisa saja opsi. Wisatawan cukup bawa peralatan camping dan sewa tempat pada harga benar-benar dapat dijangkau. Panorama langit malam ialah hal yang wajib buat dicicipi saat camping di sini.

Fasilitas Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal adalah pantai komersial di Gunungkidul dengan sarana pendukung yang komplet. Dimulai dari tempat parkir, toilet dan kamar mandi  umum, musholla, dan barisan warung dan kios yang dilengkapi gazebo nyaman. Di area pasir pantainya berjajar payung besar yang dapat disewa kapan pun. Untuk yang ingin menginap, ada penginapan dan tempat untuk campingyang nyaman.

Tiket Masuk Pantai Pok Tunggal

Harga tiket masuk ke pantai indah ini dapat disebutkan benar-benar terjangkau. Apa lagi bila melihat kelengkapan fasilitas dan situasi pantai yang bersih. Pantai Pok Tunggal benar-benar pas jadi tujuan liburan murah-meriah untuk semuanya golongan.

Harga Tiket Masuk 
Tiket Masuk Rp10.000

Jam Buka Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal selalu terbuka untuk wisatawan setiap hari sepanjang 24 jam. Disamping ada penginapan untuk menginap, pengunjung bisa membangun tenda.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Lokasi Pantai Pok Tunggal

Pantai ini terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Waktu tempuh dari Wonosari sekitar 40 menit, sementar dari Yogyakarta kurang lebih 2 jam. Rute yang bisa dilalui adalah rute menuju Pantai Baron. Dari Yogyakarta, rute ini melalui Imogiri – Panggang – Saptosari – Tepus.

 

Demikianlah Fakta Menarik dari Pantai Wediombo kami berikan. Jika teman-teman memiliki pengalaman lain, dapat sharing kepada kami. Semoga bermanfaat. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya ya, agar yang lain juga tahu lokawisata Jogja terhits dan instagramable yang harus dikunjungi. 

Follow Berita RESTINDO di Google News

Post a Comment

© RESTINDO. All rights reserved. Developed by Jago Desain