Candi Ratu Boko Istana Megah di Atas Bukit

Ratu Boko adalah sebuah situs peninggalan bersejarah campuran dinasti Hindu dan Buddha berupa reruntuhan bangunan yang menyerupai candi
Candi Ratu Boko
Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko Istana Megah di Atas Bukit, Yogyakarta tidak sekedar hanya bentang alamnya saja, tetapi mengenai sejarah dan budaya yang juga memikat buat dilihat. Tidaklah aneh jika, Yogyakarta disebut sebagai pusat pariwisata setelah itu sesudah Pulau Bali.

Sejarah Candi Ratu Boko

Pada abad ke 17, ada seorang warga eropa yang pernah berkunjung ke Jawa, persisnya di daerah Bokoharjo. Namun, orang itu tidak menemukan situs yang dimaksud. Orang eropa yang ingin tahu dengan situs ini juga menceritakan dengan H.J. De Graff orang Belanda yang selanjutnya dilakukanlah sebuah riset oleh FDX Bosch yang pada akhirannya diketemukanlah puing-puing ini.

Menurut Prasati Abhayagiri wihara yang mempunyai angka 792 M Situs Ratu Baka sebagai tempat Rakai Panangkaran yang mengundurkan diri dari Raja Mataram karena, memerlukan sebuah ketenangan. Selanjutnya, Rakai Panangkaran membuat sebuah wihara yang disebutkan Abhayagiri Wihara.

Candi Ratu Boko
Candi Ratu Boko

Ada juga sebuah cerita yang berkembang jika Ratu Boko ini diambil dari sebuah nama yang merujuk pada Ayah dari legenda Roro Jonggrang. Cerita ini telah berkembang cepat di kelompok masyarakat sekitaran. Keraton Ratu Boko telah dipakai pada periode dinasti Syailendra.

Situs Ratu Boko sebagai warisan Agama Budha. Karena, Rakai Panangkaran diketahui beragama budha. Hal ini dijumpai karena ada Arca Dyani Budha Tapi, Situs ini juga juga bisa disebutkan dengan situs peninggalan agama Hindu dengan ditemukan Arca Durga, Yoni, dan Ganesha

Arsitektur Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko
Candi Ratu Boko

Gerbang situs ini terbagi dalam 2 gerbang yakni, dalam dan luar yang berada pada bagian barat situs. Gerbang luar mempunyai ukuran yang lebih kecil dibanding Gerbang dalamnya yang merupakan gerbang khusus keraton. Gerbang ini diatur dengan gapura paduraksa. Gerbang luar sejumlah 3 dan sejumlah 5 untuk Gerbang khusus.

Ada juga tulisan Panabwara. Di mana diketahui Panabwara ialah nama anak dari Prabu Rakai Panangkaran. Menurut sejarah yang terdaftar Prabu Rakai Panangkaran ialah penguasa dari Kerajaan Ratu Boko.

Kompleks Candi Ratu Boko ada sebuah bangunan yang seperti candi yakni Batu Kapur dan Batu Putih pada bagian timur laut. Candi ini diberi nama dengan Batu kapur karena, dasar dari candi ini ialah Batu Kapur. Namun, sisi atas dari candi ini telah hilang.

Candi Ratu Boko
Candi Ratu Boko

Komplek Ratu Boko sisi dalam ada Candi pembakaran dan sumur suci. Candi pembakaran ini berada pada bagian depan yang dibentuk dari batu andesit. Dapat disebutkan dengan Candi Pembakaran karena, ditemukan abu sisa dari sebuah pembakaran.

Keindahan Istana Megah Candi Ratu Boko di Atas Bukit

Candi Ratu Boko yang berada di ketinggian 200mdpl. Dapat dikatakan kawasan ini adalah sebuah area keraton yang lengkap diantara keraton lainnya. Dimana kompleks dari abngunan ini cekup lengkap yang tediri dari pintu gerbang masuk, pendopo, tempat tinggal, kolam pemandian, dan pagar perlindungan.


Candi Ratu Boko
Sunset Candi Ratu Boko

Untuk nikmati panorama ini dapat dengan duduk di kursi-kursi yang telah disiapkan oleh pihak pengelola. Dari sini, wisatawan semua dapat menyaksikan keelokan di atas ketinggian ini. Kursi-kursi ini sangat menarik untuk dijadikan spot photo.

Dari beberapa daya magnet yang dipunyai oleh situs ini ada satu perihal yang membuat siapa saja ikhlas untuk menanti. Apakah itu? Daya tarik Matahari Terbenam yang demikian elok dan tidak ada lokasi yang dapat menyajikan panorama seindah ini.

Warna oranye matahari pas ada di tengah pintu gerbang situs. Bersatu dengan warna langit yang menggemaskan.

Dapat ditegaskan, tempat ini sanggup menghasikan Photo Siluet terbaik dengan landscape yang terbaik juga. Semua seolah berasa pas dan cocok. Tapi, satu kali lagi yang bernama daya tarik Matahari tenggelam ialah sebuah daya tarik keberuntungan.

Candi Ratu Boko

Tiket Masuk Candi Ratu Boko

Harga tiket masuk Candi Ratu Boko masih sangat terjangkau. Teman-teman juga dapat pilih paket liburan sekaligus dengan Candi Prambanan atau Borobudur. Dan ada potongan harga untuk wisatawan dari study tur sekolah. 

Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko
Tiket Masuk Usia 10 tahun atau lebih (termasuk asuransi Rp 500 per orang)Rp40.000
Tiket Masuk Usia 3 – 10 tahun (termasuk asuransi Rp 500 per orang)Rp20.000
Tiket Masuk untuk study tour (dilengkapi dengan surat pengantar dari sekolah / universitas, minimal 20 orang)Rp20.000
Tiket Masuk Terusan Ratu Boko – Candi Prambanan (termasuk fasilitas shuttle)
Tiket Masuk Usia 10 tahun atau lebihRp85.000
Tiket Masuk Usia 3 – 10 tahunRp40.000
Tiket Masuk Terusan Ratu Boko – Candi Borobudur
Tiket Masuk Usia 10 tahun atau lebihRp75.000
Tiket Masuk Usia 3 – 10 tahunRp35.000
Candi Ratu Boko

Syarat kunjungan ke Candi Ratu Boko:

  • Sudah melakukan vaksin minimal dosis pertama.
  • Memiliki aplikasi PeduliLindungi.
  • Selama di kawasan candi wajib mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.
  • Anak-anak dapat masuk ke area wisata dengan syarat orang tua sudah vaksin.

Lokasi Cabdi Ratu Boko

Candi Ratu Boko yang beralamt Jl. Raya Piyungan - Prambanan No.2, Gatak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 5572

Jam Operasional Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko dapat teman-teman kunjung setiap hari. Sehingga dapat menitkmati keseruan dan keindahan dari pagi hingga sore hari.

Jam Buka
Layanan Tiket08.00 – 17.00
Kunjungan Wisata08.00 – 18.00

Candi Ratu Boko

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan. Jika teman-teman memiliki pengalaman lain, dapat sharing kepada kami. Semoga bermanfaat. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya ya, agar yang lain juga tahu lokawisata Jogja terhits dan instagramable yang harus dikunjungi. 

Follow Berita RESTINDO di Google News

Post a Comment

© RESTINDO. All rights reserved. Developed by Jago Desain